F A T R I A  A K B A R
Image by -
Blinkie Text Generator at TextSpace.net
United Of Saints Two
-

Surat Al-Baqarah 148 Dan Surat Al-Fathir 32

on Rabu, 11 Agustus 2010

Pendidikan Agama Islam XI - Presentation Transcript

  1. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
    MateriPembelajaran :
    Q.S. Al-Baqarah (2) :148
    Q.S. Fathir (35): 32
    Guru Mata Pelajaran :Bu Riyang
  2. MATERI I
    Al-Baqarah (2) :148
    PerintahBerlomba-Lombadalam
    MembuatKebaikan
  3. Surat Al-Baqarah (2): 148
  4. danbagitiap-tiapumatadakiblatnya (sendiri) yang iamenghadapkepadanya. Makaberlomba-lombalah (dalammembuat) kebaikan. dimanasajakamuberadapasti Allah akanmengumpulkankamusekalian (padaharikiamat). Sesungguhnya Allah MahaKuasaatassegalasesuatu.
    {Q.S. Al-Baqarah (2): 148}
  5. Mengidentifikasi Tajwid dalam Surat Al-Baqarah (2):148
    washal aulaa
    = washal (disambung lebih) utama
    kasratainbertemuwawu
    =>idzgham bi ghunnah
    kasrah bertemu ya’ sakinah
    => madd ashly/madd thaabi’iy
    dhammatain bertemu ha’
    =>izhhar halqy
    fathah bertemu alif
    => madd ashly/madd thaabi’iy
  6. Mengidentifikasi Tajwid dalam Surat Al-Baqarah (2):148
    waqaf jaiz =
    boleh waqaf boleh washal
    alif-lam bertemuhurufkha’
    => Izhharqamariyah
    bila waqaf di sini menjadi
    madd ‘aridh lissukun
    fathah bertemu alif
    => madd ashliy/madd thabi’iy
    fathahbertemuya’ sakinah
    => maddlayyin
  7. Mengidentifikasi Tajwid dalam Surat Al-Baqarah (2):148
    Lafzhu Al-Jalalahdibaca
    tafkhimkarenahurufsebelumnya
    berharakatdhammah
    fathah bertemu ya’ sakinah
    => madd layyin
    Kasrahbertemuya’ sakinah
    => maddashliy/maddthabi’iy
    fathahbertemualif
    => maddashliy/maddthabi’iy
    bilawaqafdisini, dibaca
    madd ‘iwadh
    dhammahbertemuwawusakinah
    => maddashliy/maddthabi’iy
    tandawaqafjaiz
    => bolehwaqafbolehwashal
  8. Mengidentifikasi Tajwid dalam Surat Al-Baqarah (2):148
    fathahbertemualif
    => maddashliy/maddthabi’iy
    nun ber-tasydid
    => ghunnah
    tanwinbertemuhurufqaf
    => ikhfa’ haqiqy
    fathahbertemuya’ sakinah
    => maddlayyin
    kasrahbertemuya’ sakinah
    • maddashliy/maddthabi’iy
    • bilaberhentidisinidibaca
    madd ‘aridhlissukun
    Lafzhu Al-Jalalahdibaca
    tafkhimkarenahurufsebelumnya
    berharakatfathah
  9. Artiayatperkata
    وَ
    dan
    لِكُلٍّ
    bagitiap-tiap (ummat)
    وِجْهَةٌ
    (ada) arah (kiblatnyasendiri)
    هُوَ
    (yang) dia
    مُوَلِّيْهَا
    menghadapkepadanya
    danbagitiap-tiapumatadakiblatnya (sendiri) yang iamenghadapkepadanya.
  10. Artiayatperkata
    فَـ
    maka
    اِسْتَبِقُوْا
    Berlomba-lombalah
    الْخَيْرَاتُ
    (dalammembuat) kebaikan
    Makaberlomba-lombalah (dalammembuat) kebaikan
  11. Artiayatperkata
    أَيْنَ مَا
    dimanasaja
    تَكُوْنُوْا
    kamuberada
    Allah (pasti) akan
    mengumpulkan kalian
    يَأْتِ بِكُمُ اللهُ
    جَمِيْعًا
    menghadapkepadanya
    dimanasajakamuberadapasti Allah akanmengumpulkankamusekalian (padaharikiamat).
  12. Artiayatperkata
    إِنَّ
    sesungguhnya
    اللهَ
    Allah
    عَلٰى
    atas
    كُلّ ِ
    segala
    شَيْءٍ
    sesuatu
    قَدِيْرٌ
    MahaKuasa
    Sesungguhnya Allah MahaKuasaatassegalasesuatu.
  13. KESIMPULAN MAKNA AYAT
    Setiapummatmemilikiarah (kiblah) masing-masing, merekamenghadapkepadanyadalamibadah-ibadahmereka. Dalampengertianluasberartisetiapmanusiamemilikiarah (tujuan,maksud, motivasi=niat) masing-masingdalamsegalaaktifitasnya.
    Allah memerintahkankepadasetiapmanusia agar berlomba-lombadalammembuatkebaikan, termasukdalammenentukanarahdarisetiapaktifitasjugaharusberlomba-lombadalammenetapkanarah yang terbaikdan paling tepat.
    Hal tersebutdapatterwujudbilasetiapmanusiasenantiasaingatdansadarbahwadimana pun diaberada Allah MahaKuasauntukmengambilruhmerekasemua. Bilahaltersebutterlaksana, akantimbuldoronganbatinuntuksenantiasaberlomba-lombadalamberbuatkebaikandandengantujuan yang terbaik pula.
    Ayatinidiakhiridenganperingatanakansalahsatusifat Allah yang Agung, yaituMahaKuasaatassegalasesuatu. Hal inimengingatkankita agar dalamberlomba-lombadalamkebaikansenantiasabersandarkepada Allah danmemohonpertolonganhanyakepada Allah semata.
  14. MATERI II
    FAATHIR (35) : 32
    Tiga (3) KategoriManusia
    dalam
    Menyikapi Al-Qur’an
  15. SURAT FAATHIR (35): 32
  16. “kemudiankitabituKamiwariskankepadaorang-orang yang Kamipilihdiantarahamba-hambaKami, laludiantaramerekaada yang Menganiayadirimerekasendiridandiantaramerekaada yang pertengahandandiantaramerekaada (pula) yang lebihdahuluberbuatkebaikan[1260] denganizin Allah. yang demikianituadalahkarunia yang Amatbesar.” {Q.S. Faathir (35): 32}
    ---------------------------------------------------------------
    [1260] Yang dimaksuddenganorang yang Menganiayadirinyasendiriialahorang yang lebihbanyakkesalahannyadaripadakebaikannya, danpertengahanialahorang-orang yang kebaikannyaberbandingdengankesalahannya, sedang yang dimaksuddenganorang-orang yang lebihdahuludalamberbuatkebaikanialahorang-orang yang kebaikannyaAmatbanyakdanAmatjarangberbuatkesalahan.
  17. IdentifikasiTajwid
    mimber-tasydidi
    => ghunnah
    nun sakinahbertemu ‘ain
    = izhharhalqy
    alif-lam bertemuhurufkaf
    = izhharqamariyah
    kasrahbertemuya’ sakinah
    => maddashly/maddthabi’iy
    fathahbertemualif
    => maddashly/maddthabi’iy
    tandawashal aula
    = washallebihutama
    fathahbertemuwawusakinah
    => maddlayyin
    fathahbertemuya’ sakinah
    => maddlayyin
  18. IdentifikasiTajwid
    nun sakinahbertemu ha’
    => izhharhalqy
    dhammatainbertemu lam
    => idzghambilaaghunnah
    ha dhamirlilghaib yang
    sebelumnyadansesudahnya
    bukanhurufsakinahdan
    bukan pula hamzah
    => maddshilahqashirah
    mimsakinahbertemuzha’
    => izhharsyafawy
  19. IdentifikasiTajwid
    nun sakinahbertemu ha’
    => izhharhalqy
    qafsakinahashliyah
    => qalqalahsughra
    dhammatainbertemuwawu
    => idzgham bi ghunnah
    mimsakinahbertemumim
    => idzghammimy
  20. IdentifikasiTajwid
    nun sakinahbertemu ha’
    => izhharhalqy
    lafzhu al-Jalalah yang sebelumnya
    hurufberharakatkasrah
    => dibacatarqiiq
    fathahbertemualif
    => maddashly/maddthabi’iy
    tandawaqafjaiz
    => bolehwaqafbolehwashal
    mimsakinahbertemu sin
    => izhharsyafawy
    fathahbertemuya’ sakinah
    => maddlayyin
    dhammatainbertemuba’
    => iqlab
    alif-lam bertemudengankha’
    => izhharqamariyah
  21. IdentifikasiTajwid
    fathahbertemualif
    => maddashly/maddthabi’iy
    kasrahbertemuya’ sakinah
    => maddashly/maddthabi’iy
    alif-lam bertemudenganfa’
    => izhharqamariyah
    bilawaqafdisini, ra’ dibacasukun
    makamaddashly/maddthabi’iy
    berubahmenjadimadd ‘aridhlissukun
  22. ARTI AYAT PERKATA
    ثُمَّ
    kemudian
    أَوْرَثْنَا
    Kamiwariskan
    الْكِتٰبَ
    Kitabitu
    الَّذِيْنَ
    (kepadaorang-orang) yang
    اِصْطَفَيْنَا
    Kamipilih
    مِنْ
    dari / diantara
    عِبَادِنَا
    Hamba-hambaKami
    kemudiankitabituKamiwariskankepadaorang-orang yang Kamipilihdiantarahamba-hambaKami
  23. ARTI AYAT PERKATA
    فَمِنْهُمْ
    laludiantaramereka
    ظَالِمٌ
    (ada) yang menganiaya
    لِنَفْسِهِ
    dirimerekasendiri
    laludiantaramerekaada yang Menganiayadirimerekasendiri
  24. ARTI AYAT PERKATA
    وَ
    dan
    مِنْهُمْ
    diantaramereka
    مُقْتَصِدٌ
    (ada) yang pertengahan
    dandiantaramerekaada yang pertengahan
  25. ARTI AYAT PERKATA
    وَ
    dan
    مِنْهُمْ
    diantaramereka
    سَابٍقٌ
    (ada pula) yang lebihdahulu
    بِالْخَيْرَاتِ
    (berbuat) kebaikan
    بِإِذْنِ
    denganizin
    اللهِ
    Allah
    dandiantaramerekaada (pula) yang lebihdahuluberbuatkebaikandenganizin Allah.
  26. ARTI AYAT PERKATA
    ذٰلِكَ
    (yang demikian) itu
    هُوَ
    adalah
    الْفَضْلُ
    karunia
    الْكَبِيْرُ
    yang amatbesar
    yang demikianituadalahkarunia yang Amatbesar
  27. KESIMPULAN MAKNA AYAT
    Allah telahmewariskanKitabSuci (Al-Qur’an) kepadahamba-hamba-Nya yang terpilih. Tidaksetiapmanusiamenerimanya.
    ManusiasetelahmewarisiKitabSuci (Al-Qur’an) terbagimenjaditigagolongandalammensikapinya :
  28. TigaGolonganManusiadalamMensikapi Al-Qur’an
    => zhalimlinafsihi (aniayaterhadapdirisendiri): merekaadalahmanusia-manusia yang mengabaikan Al-Qur’an sehinggadisebutzhalimkarenatidakmenempatkan Al-Qur’an dalamposisi yang seharusnya.
    => muqtashid(bersikaptengah): merekaadalahmanusia yang mengamalkan AL-Qur’an namunsekedarnyasaja, tidakberusahauntuksemakinmemahamikandungannyanamunsekedarmengimaninyasebagaiwahyu Allah danmengamalkankandungannyasekedarnyasaja.
    => sabiqbilkhairat(berlomba-lombadalamkebaikan): merekaadalahmanusia yang mengaimani Al-Qur’an sebagaiwahyu Allah dansenantiasaberlomba-lombauntuksemakinmemahaminyadanmengamalkannya.
    !!!!! hanyagolonganketiga yang diakhiridenganungkapan “denganizin Allah”…. apamaksudnya???
  29. !!!!! hanyagolonganketiga yang diakhiridenganungkapan “denganizin Allah”…. apamaksudnya???
    3. Manusiadapattermasukgolonganketiga (sabiqbilkhairat) adalahhanyadenganizin Allah semata. Maksudnyahanyadenganhidayahdanrahmah Allah sajalahmanusiabisamasukdalamgolonganmanusiaterbaik. Tidaksembarangmanusiadapatmasukdalamgolongan yang terbaikini.
    • haltersebutdikuatkandenganungkapandiakhirayat :
    “yang demikianituadalahkarunia yang Amatbesar”
    yang menunjukkanbahwamanusia yang dapatmasukdalamgolonganketiga (sabiqbilkhairat) adalahmanusia-manusia yang telahmendapatkarunia yang besardari Allah. Tentunyatidaksembarangmanusiadapatmendapatanugerahini, kecualimanusia-manusia yang sebelumnyatelahmendapathidayahdanrahmah Allah. Sehinggamerekasenantiasaberbuat yang terbaikdenganniat yang terbaik pula. Hal tersebutditunjukkandalamsikapmerekaterhadap AL-Qur’an, yaitusenantiasaberlombauntuksemakinmengimaninyadenganusahauntuksemakinmemahaminyadanmengamalkannya

5 komentar:

DEMAK BLOGGER mengatakan...

makasih banyak Akhi :)

Unknown mengatakan...

terima kasih :)
postingnya sangat membantu ^^

Unknown mengatakan...

thanks..
sudah membantu !!! ;:-D

Unknown mengatakan...

YAH bisalah membantu thanks sharingnya

Anonim mengatakan...

terima kasih atas postingannya yg sangat membantu :D

Posting Komentar

My Twitter

Google Earth Maps